-->
BLANTERWISDOM101

Asal Muasal atau Sejarah Kabupaten Kuningan

17/03/2016
asal muasal kabupaten kuningan

Pada postingan pertama kali ini Saya coba berbagi mengenai sejarah Kabupaten Kuningan.. Kabupaten Kuningan pada masa pra sejarah sendiri diperkirakan sudah ada sekitar kurang lebih 3.500 Tahun sebelum Masehi, hal ini dibuktikan dengan adanya peninggalan megaliticum pada zaman batu. Peninggalan tersebut bisa kita jumpai di Kampung Cipari Kelurahan Cigugur disana banyak terdapat batu obsidian, tembikar, kuburan batu dan masih banyak lagi yang lainnya. Dari hasil penelitian berikutnya situs Cipari mengalami dua kali masa pemukiman, yaitu pada masa akhir neoliticum dan awal pengenalan bahan perunggu sekitar tahun 1000 Sebelum Masehi sampai dengan 500 Masehi.

Selanjutnya untuk masa Hindu  diceritakan pada masa Parahyangan terdapat pemukiman yang mempunyai kekuatan politik seperti halnya sebuah Negara, yaitu bernama Kuningan. Kerajaan Kuningan berdiri setelah Seuweukarma dijadikan Raja dan diberi gelar Rahiyang Tangkuku. Saat itu Kuningan memiliki status sebagai kerajaan yang beragama Hindu dan masuk kedalam daerah otonom yang terkenal dengan nama Pajajaran.

Pada masa keislaman Kuningan tidak lepas dari pengaruh kesultanan Cirebon, yang pertama kali mengenalkan Islam yaitu Syekh Syarif Hidayatullah pada saat beliau datang ke daerah Luragung yang saat itu dipimpin oleh Ki Gedeng Luragung.

Pada saat Syekh Syarif Hidayatullah berada di luragung, Istri beliau bernama Ratu Ontin Nio atau Ratu Lara Sumanding melahirkan seorang putra yang tampan dan gagah dan diberi nama Pangeran Kuningan. Pangeran Kuningan selanjutnya dititipkan pada Ki Gedeng Kuningan karena kebetulan Ki Gedeng Kuningan juga memiliki putera yang bernama Amung Gegetuning Ati dan di beri nama oleh Syekh Syarif Hidayatullah Arya Kamuning.

Setelah Pangeran Kuningan dan Arya Kamuning tumbuh dewasa diperkirakan bulan Muharam tanggal 1 September 1498 Masehi, Pangeran Kuningan dilantik sebagai Kepala Pemerintahan yang di bantu oleh Arya Kamuning. Hal itulah yang selanjutnya dijadikan titik tolak terbentuknya Kuningan dan dijadikan sebagai hari jadi Kuningan. Itulah Sejarah singkat yang Saya sampaikan mengenai sejarah asal muasal Kabupaten Kuningan.
Share This :