-->
BLANTERWISDOM101

Masih adakah Jenis Kuda Kuningan ? Lalu Jenis Kuda Apa yang Ada Sekarang ??

17/06/2016
Masih adakah Jenis Kuda Kuningan ? Lalu yang ada sekarang Kuda Jenis Apa ??
Pacuan Kuda

Kabupaten Kuningan memiliki Ikon sebagai Kota Kuda, dimana Kuda itu dijadikan sebagai Simbol Resmi oleh pemerintah Kabupaten Kuningan. Jadi tidak heran lagi banyaknya patung dan logo Kuda Kuningan sebagai identitas Kabupaten Kuningan. Yang saat ini menjadi pertanyaan masihkah ada Kuda Kuningan di Kabupaten Kuningan? Lalu Kuda jenis apa yang saat ini banyak lalu lalang di Kabupaten Kuningan??!.

Menurut Sejarah Kabupaten Kuningan, Kuda Kuningan adalah kuda yang diternakan oleh Syekh Maulana Arifin Putra dari Syekh Maulana Akbar. Konon Kuda Kuningan merupakan blasteran Kuda-kuda pilihan dan diantaranya ada juga Kuda Sumbawa dari Bima yang terkenal kuat. Dari blasteran itu lalu diperolehlah Kuda Kuningan yang Kuat,Tangguh, lincah dan juga Gesit. Namun Kuda Kuningan memiliki ciri tersendiri yaitu kecil namun tidak terlalu pendek dan juga tidak terlalu tinggi.

Pada masa terdahulu Kuda Kuningan digunakan sebagai alat transportasi bagi pejabat-pejabat daerah dan juga dijadikan sebagai Kuda tunggangan untuk berperang. Dan Kuda yang paling terkenal pada zaman dahulu adalah Kuda Kuningan bernama “Si Windu” yang merupakan Kuda peliharaan Dipati Ewangga dan digunakan oleh Sang Adipati Kuningan untuk berperang pada masa itu.

Namun pada masa sekarang Kuda di Kuninagan digunakan sebagai Alat Transportasi yang masih bisa di lihat sekitaran Pasar Baru dan juga Pasar Cilimus. Selain digunakan untuk Alat transportasi Kuda itu juga digunakan sebagai Kuda Pacuan dan juga terkadang disewa untuk acara-acara tertentu.


Menurut beberapa sumber Kuda yang ada di Kabupaten Kuningan merupakan Kuda hasil membeli dari daerah luar, bukan hasil peternakan di Kuningan. Sehingga keberadaan Kuda Kuningan sendiri sangat sulit ditemui karena tidak adanya lagi peternakan Kuda. Walaupun dari hasil membeli tapi kini populasi Kuda di Kuningan juga makin menurun, mestinya Sebagai Masyarakat Kabupaten Kuningan harus tetap menjaga keberadaannya Kuda di Kuningan.
Share This :