-->
BLANTERWISDOM101

Cibulan Objek Wisata Dengan Mitosnya

02/04/2016
Cibulan Objek Wisata Dengan Mitosnya

Objek Wisata CIBULAN merupakan salah satu tempat wisata tertua di Kabupaten Kuningan, saat itu Bupati Kuningan R.R.A Mohamand Achmad meresmikan Cibulan menjadi Objek Wisata pada tanggal 27 Agustus 1939. Objek Wisata Cibulan sendiri secara wilayah terletak di Desa Manis Kidul Kecamatan Jalaksana Kabupten Kuningan.

Cibulan memiliki dua Kolam besar yang berukuran 35 X 15 Meter dengan kedalaman 2 Meter dan Kolam kedua berukuran 45 X 15 Meter yang kemudian dibagi dua dengan kedalaman 60 Cm dan 120 Cm. Kolam-kolam tersebut dihuni oleh Ikan Dewa yang kebanyakan orang mengenalnya dengan nama Ikan Kancra Bodas.

Menurut Masyarakat setempat Ikan Dewa ini dulunya merupakan prajurit Prabu Siliwangi yang membangkang terhadapnya. Pada saat Kolam Cibulan dikuras maka ikan-ikan ini akan menghilang entah kemana lalu akan kembali setelah kolam selesai dikuras. Dan konon katanya jumlah Ikan Dewa yang ada dikolam ini tidak pernah berkurang atau pun bertambah.

Ikan Dewa ini khususnya oleh masyarakat Kuningan dianggap sebagai Ikan yang keramat, karena itu tidak ada yang berani mengambil Ikan tersebut. Jikalau ada yang berani mengambil atau mengganggu Ikan tersebut maka Ia akan mendapatkan kemalangan.

Walaupun begitu kolam ini dijadikan tempat pemandian Umum bagi pengunjung Cibulan dan disini juga terdapat tempat untuk membilas atau kamar ganti. Jadi bagi kalian yang ingin sekedar bermain-main atau berfoto beserta Ikan dewa tidak perlu takut karena Ikan disini cukup jinak walaupun Ikannya besar-besar.

Selain Kolam besar dengan Ikan Dewanya di Cibulan ini juga terdapat Patilasan Prabu Siliwangi dan Juga Sumur Tujuh. Sumur Tujuh sendiri menurut kuncen setempat merupakan patilasan Prabu Siliwangi untuk beristirahat setelah pulangnya dari Perang Bubat. Namun setelah beberapa lama beristirahat tanpa diketahui Prabu Siliwangi pun menghilang, maka dari itu tempat tersebut dinamakan patilasan Hiyang Prabu Siliwangi.

Sementara itu prajurit Prabu Siliwangi menggali sumur disekitar patilasan tersebut sebanyak tujuh buah. Namun baru saja digali beberapa puluh sentimeter sumur tersebut sudah mengeluarkan air yang sangat jernih. Ketujuh sumur tersebut juga memiliki nama masing-masing, antara lain sumur keyakinan, kejayaan, kemulyaan, pengabulan, awet muda, keselamatan, cisadane dan cirancana.

Bagi kalian yang berkunjung ke Objek Wisata Cibulan jangan lupa juga menyempatkan diri untuk berkunjung ke OBJEK WISATA SIDOMBA. Disana kalian bisa juga melihat Curug dengan kolam yang terdapat banyak Ikan Mas dan Juga Kancra Bodas dan masih banyak lagi fasilitas yang bisa Kalian jumpai disana.
Share This :