-->
BLANTERWISDOM101

Inilah Oleh-oleh Khas Kabupaten Kuningan Bagian 1

09/04/2016
Bagi wisatawan yang telah mampir di Kota Kuda tentunya merasa tidak lengkap jikalau kembali ke Kota asal dengan tangan hampa alias tidak membawa oleh-oleh makanan khas Kabupaten Kuningan. Atau bagi Wargi Kuningan juga yang akan berangkat ke luar Kota tidak ada salahnya membawa sedikit oleh-oleh untuk dinikmati bersama teman-teman atau keluarga di perantauan. Lalu apa saja sih makanan yang bisa kita bawa untuk dijadikan oleh-oleh? Yuk Kita bahas di bawah ini :

1. Peuyeum Ketan

Peuyeum Ketan
Peuyeum itu sama saja dengan Tape, namun yang biasa kita ketahui hanya Tape yang terbuat dari Singkong alias tape bandung yang lebih dikenalnya. Namun dikuningan berbeda, karena tapenya terbuat dari beras ketan. Pengolahan tape ketan sendiri cukup sederhana, beras ketan putih atau hitam yang sudah di cuci bersih dan dikukus lalu di campur dengan ragi dan diaduk sampai merata. Setalah itu dibungkus menggunakan daun jambu dan dimasukan kedalam wadah yang tertutup agar Tape Ketan mengalami fermentasi, biasanya tape akan jadi setelah mengalami fermentasi selama 3-4 hari.
Buat kalian yang ingin menjadikannya oleh-oleh tidak perlu repot-repot untuk membuatnya sendiri, cukup dengan membeli di toko pusat oleh-oleh.

2. Jeniper dan Jenisa

Jenisa
Kalau dilihat dari namanya keren-keren ya.. Tapi Jeniper dan Jenisa ini merupakan jenis minuman khas dari Kabupaten Kuningan. Jenisa sendiri merupakan singkatan dari Jeruk Nipis Asli dan Jeniper Jeruk Nipis Peras. Kedua minuman ini tentunya terbuat dari sari jeruk nipis yang dicampur dengan gula pasir serta madu tanpa campuran bahan kimia. Minuman ini sangat nikmat bila disajikan dalam keadaan dingin. Di pusat oleh-oleh khas kuningan terdapat dua kemasan, antara lain dengan kemasan botol berukuran besar dan botol berukuran kecil.

3. Gemblong atau Kecimpring

Gemblong
Kecimpring merupakan makanan yang terbuat dari tepung ketela pohon yang dicampur dengan rempah-rempah tertentu sehingga menghasilkan rasa yang renyah dan gurih saat dimakan. Kecimpring atau gemblong ini biasanya paling enak dimakan bersama dengan bakso, mie ayam dll. Mungkin  jika kalian mencari gemblong di daerah lain kalian akan menemukan hal yang berbeda, yaitu makanan yang terbuat dari ketan dengan balutan gula merah. Gemblong ini juga bisa kalian beli di tempat pusat oleh-oleh Kabupaten Kuningan.

4. Tahu Lamping

Tahu Lamping
Ini adalah salah satu jenis tahu yang khas di Kabupaten Kuningan, tahu ini berbeda dengan tahu sumedang karena tahu lamping lebih berisi dan memiliki rasa gurih. Rasa tahu yang khas menurut warga karena menggunakan air yang berasal dari desa Cigadung di daerah Lamping (Lereng) gunung Ciremai. Untuk mencari Tahu ini cukup mudah karena sekarang sudah banyak penjual tahu lamping disekitaran Kabupaten Kuningan. Tahu ini lebih enak dimakan selagi hangat dan kebanyakan orang juga memilih membeli tahu yang baru di goreng.

5. Papais

Papais
Papais merupakan makanan manis yang terbuat dari beras ketan dengan campuran gula pasir maupun merah yang dicampur juga dengan sari kelapa. Papais sendiri memiliki beberapa jenis, antara lain ada papais Enten, papais monyong dan ada juga papais Pare (Padi) karena pembuatannya terbuat dari tepung beras namun rasanyatetap  gurih. Papais sendiri umumnya dibungkus dengan daun pisang.

Share This :