-->
BLANTERWISDOM101

Kuningan Gelar Tour de Linggarjati Mulai Tanggal 28 Oktober 2016

24/09/2016
tour-de-linggarjati

Event Tour de Linggarjati 2016 yang secara resmi menjadi agenda tahunan Kementerian Pariwisata RI, diresmikan oleh Menteri Pariwisata RI Arief Yahya di Balai Soesilo Soedarman Gedung Satpa Pesona Kementerian Pariwisata RI, Jakarta. Selasa (13/9).

Hadir pada acara tersebut Menteri Pariwisata RI DR. Ir. Arief Yahya, M.Sc., Sekretaris Kementerian Pariwisata RI Drs. Ukus Kuswara, MM; Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Dra Esthy Reko Astuty, M.Si, Para Pejabat Eselon I lingkup Kementerian Pariwisata RI, Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Dra. Ineu Purwadewi Sundari, 

Juga dihadiri Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat H. Ida Hernida, Bupati Kuningan H. Acep Purnama, Ketua DPRD Kabupaten Kuningan Rana Suparman, Sekretaris Daerah Yosep Setiawan, Kapolres Kuningan AKBP. M. Syahduddi, Dandim 0615 Kuningan Letkol Inf. Arief Hidayat, para Kepala SKPD dan Camat lingkup Pemerintah Kabupaten Kuningan, para Pengusaha asal Kuningan, Agent Travel, para perantau Kuningan yang sukses di Jakarta. 

Menteri Pariwisata RI Arief Hidayat menegaskan bahwa Kuningan memiliki nature, culture dan modal yang cukup untuk pengembangan pariwisata. Sehingga diharapkan Kuningan kedepan bisa lebih menata obyek-obyek wisata yang ada. 

“Sport Tourism seperti ini memang tidak memberi direct impact kunjungan wisatawan yang besar, tapi justru news valuenya tinggi, semua akan tahu distinasi wisata yang ada di kuningan,” kata Arief. 

Sementara itu, Bupati Kuningan H. Acep Purnama mengatakan, Tour de Linggarjati 2016 (TDL) merupakan event balap sepeda Internasional yang diselenggarakan kedua kalinya di Kuningan ini  merupakan langkah besar bagi Kabupaten Kuningan untuk mempromosikan Kabupaten Kuningan ke dunia internasional.  

Kabupaten Kuningan yang telah mencanangkan diri sebagai kabupaten agropolitan dan pariwisata termaju di Jawa Barat, masih Acep, telah mempunyai pondasi untuk semakin dikenal dalam masyarakat internasional melalui kegiatan TDL. Kegiatan ini diharapkan menjadi trigger bagi peningkatan program pariwisata di daerah.

“Kegiatan Tour de Linggarjati adalah wujud kinerja Pemerintah Kabupaten Kuningan untuk membawa citra dan potensi daerah ke panggung dunia, kita harus berpacu diera globalisasi ini, memanfaatkan semua potensi yang dimiliki daerah untuk merebut peluang dan menjadi daerah yang maju dan dapat berperan dalam percaturan pembangunan nasional bahkan global” kata Acep. 

Acep berharap kegiatan tersebut dapat mendorong untuk peningkatan dan percepatan pembangunan daerah. Karena baginya, kesuksesan menggelar event internasional nanti akan menunjukan kepada investor baik lokal maupun nasional bahwa Kabupaten Kuningan telah memiliki infrastruktur yang memadai, sumberdaya manusia yang kompetitif dan dukungan kebijakan pemerintah daerah yang responsif.   

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, H Yosep Setiawan, menegaskan bahwa program dan kegiatan yang dapat membawa kemajuan bagi pembangunan daerah adalah aset yang berharga, semua pihak harus bersama-sama memacu diri mencari inovasi dan terobosan-terobosan untuk percepatan pembangunan. 

“Tour de Linggarjati ini adalah salah satu contoh inovasi yang perlu ditiru dan dikembangkan” kata Yosep

Sementara itu, Ketua Panitia Tour de Linggarjati, Dian Rahmat Yanuar menyebutkan bahwa pengakuan terhadap event Tour de Linggarjati akan menjadi dorongan motivasi yang lebih besar untuk mensukseskan acara ini 

“Tour de Linggarjati dalam tahun kedua telah masuk dalam agenda tahunan Kementerian Pariwisata RI, hal ini tentu merupakan kebanggaan dan sekaligus dorongan bagi kita semua untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan event baik dari skala maupun kualitas lomba” kata Dian.

Sumber : fajarnews.com
Share This :